Breaking

Sunday, July 2, 2023

Bak Perhiasan Mewah, Ini Planet Tercantik di Galaksi Bima Sakti

 

NEGARATOTO Saturnus merupakan planet kedua terbesar di tata surya. Saturnus adalah planet gas yang terdiri dari hidrogen dan helium.

Saturnus membutuhkan waktu 29,5 tahun untuk mengelilingi matahari. Namun satu kali rotasi Saturnus hanya selama 10,5 jam, yang artinya satu hari di Saturnus lebih cepat dibandingkan satu hari di Bumi.

Dari delapan planet di tata surya, ternyata Saturnus disebut sebagai yang tercantik. Dikutip dari liputan6.com, Saturnus disebut sebagai planet tercantik karena ada cincin yang mengelilinginya.

Melansir nationworldnews.com, Saturnus pertama kali ditemukan oleh Galileo pada tahun 1610. Pada tahun tersebut, Galileo belum menemukan dengan teleskop biasa bahwa planet tersebut memiliki cincin, namun ia sadar bahwa ada sesuatu yang berbeda dari planet Saturnus.

Galileo menggambarkan sesuatu tersebut sebagai tangan atau pegangan. Kemudian pada tahun 1655, astronom asal Belanda Christiaan Huygens mengamati Saturnus dengan teleskop yang lebih canggih, dan ditemukan bahwa lengan yang disebutkan Galileo adalah cincin tipis dan datar.

Cincin pada Saturnus merupakan suatu hal yang paling unik dari planet ini. Cincin Saturnus merupakan hasil dari atmosfer yang bergerak sangat cepat. Kecepatan angin di Saturnus di mencapai 1.800km per jam.

Cincin Saturnus terbuat dari berbagai komposisi yang berbeda, seperti partikel es dan batu. Ukuran dari partikel tersebut juga bervariasi, mulai dari yang hanya sebesar sebutir pasir hingga sebesar rumah. Para ahli menganggap partikel-partikel tersebut berasal dari sisa-sisa komet, asteroid, atau bulan.

Sebuah studi tahun 2016 juga mengatakan, partikel tersebut adalah bagian dari planet kerdil. Diameter terbesar dari cincin Saturnus yaitu 7.000 kali lebih besar dari planet itu sendiri.

No comments:

Post a Comment